Yang dimaksud dengan sistim undian langsung adalah sistim undian yang penentuan pemenang hadiahnya dilakukan secara langsung (dengan cara menggosok/mengerik atau cara lain yang hadiahnya dapat langsung diketahui). (Ps. 1 poin 9 KEPMENSOS No.9 Th.2002)

Belakangan ini konsep undian scratch and win (gosok dan menang) yang merupakan sistim undian langsung menjadi trend sebagai media promosi bagi perusahaan-perusahaan baik manufaktur, retail maupun jasa. Sebagai contoh Pasaraya, Frutang, Carefour  dan lain-lain telah melaksanakan promosi melalui media scratch and win ini.

Konsep game scratch and win atau sering juga disebut instan games karena hadiah dapat diketahui seketika, dapat kita ketahui terbagi menjadi 2 (dua) konsep, yakni konsep tradisional dan probability games.

Konsep tradisional yakni konsumen menggosok seluruh area gosokan dan konsumen yang beruntung langsung mendapat hadiah sedang yang kurang beruntung tidak mendapat apa-apa, dan seringkali menggunakan kata-kata “coba lagi”.

Sedangkan konsep probability game, biasanya konsumen diminta memilih untuk menggosok beberapa area gosokan dari sejumlah area gosokan tersedia. Contoh, konsumen diminta menggosok 3 (tiga) area gosokan dari 6 (enam) area gosokan, apabila mendapatkan 3 (tiga) gambar yang sama, maka konsumen akan mendapkan hadiah.


Konsep terakhir ini, memang memiliki tantangan bagi konsumen, akan tetapi potensi konsumen memperoleh hadiah sangat ditentukan oleh feeling konsumen ketika menggosok area gosokan.